5 Tips Wisata Vietnam Backpacker yang Berkesan

Siapa bilang liburan ke luar negeri itu mahal. Dengan liburan ala backpacker, Anda bisa liburan ke luar negeri jauh lebih hemat lho. Salah satu negara yang bisa Anda kunjungi adalah Vietnam. Nah, untuk Anda yang ingin wisata Vietnam backpacker, yuk langsung saja simak tips selengkapnya di bawah ini.

1. Rencanakan Tujuan Sedetail Mungkin

Ketika Anda memutuskan untuk liburan ke Vietnam, maka yang harus Anda lakukan pertama kali adalah merencanakan liburan sedetail mungkin. Catat semua tempat wisata yang ingin Anda kunjungi dan jangan lupa membuat itinerary.

Dengan membuat jadwal perjalanan, maka liburan Anda bisa tepat waktu dan tidak banyak waktu yang habis di sia-siakan begitu saja. Coba deh lihat jadwal bus yang ada di sana jika Anda ingin menggunakan kendaraan bus.

Jangan lupa untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Mulai dari harga tiketnya, hingga biaya transportasi, makan dan semua kebutuhan yang diperlukan di sana.

2. Berburu Tiket Murah

Tips wisata Vietnam backpacker berikutnya yang harus Anda lakukan adalah berburu tiket murah. Rencanakan liburan ini jauh-jauh hari, sehingga Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga promo.
Pastikan jika tiket yang Anda dapatkan adalah tiket PP atau pulang-pergi. Jika Anda hanya membeli tiket sekali jalan saja, maka pada saat pulang biasanya harga tiket akan jauh lebih mahal dan kembali ke harga normalnya.

Tentukan juga lokasi penerbangannya. Misalnya dari Jakarta ke Hanoi atau Jakarta Kota Hi Chi Minh. Selain itu, pastikan Anda tidak liburan di musim tinggi wisatawan yakni bulan Oktober-Maret dan pertengahan Desember hingga Februari.

3. Naik Bus Perjalanan agar Lebih Hemat

Salah satu tips liburan ke Vietnam ala backpacker adalah selalu melakukan perjalanan dengan menggunakan bus. Di Vietnam ada yang namanya tiket bus terbuka dimana dengan menggunakan tiket ini, Anda bisa menggunakan berbagai jenis bus dari satu kota ke kota lain selama satu bulan.

Untuk harga tiketnya sendiri akan disesuaikan dengan panjang rutenya. Adapun harganya kurang lebih sekitar 230.000 VND an bisa digunakan untuk 10 kali perjalanan. Bukankah ini sangat hemat jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan lain.

4. Menginap di Hostels

Jika Anda ingin lebih hemat lagi, maka hostel ini adalah pilihan terbaik untuk menginap. Di Vietnam yang ramai dengan turis, Anda bisa dengan mudah menemukan hostels dengan harga yang murah namun fasilitas yang nyaman.

Bahkan, harga per malam menginap di sini hana mulai Rp100.00-Rp200.000 per malamnya. Tidak hanya itu saja, namun Anda juga bisa bertemu dengan para backpacker lainnya dari seluruh dunia lho.

Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan pengalaman menginap saja. Namun, Anda juga akan mendapatkan banyak teman baru yang pastinya akan sangat bermanfaat.

5. Tukarkan uang rupiah ke USD

Sebelum Anda memutuskan untuk datang ke Vietnam, maka yang harus Anda lakukan adalah menukarkan uang rupiah terlebih dahulu. Di sini Anda harus menukarkan uang rupiah ke dalam bentuk USD.

Kelebihan saat Anda menukar uang rupiah ke USD terlebih dahulu dan baru ditukar ke VDN adalah nilai tukarnya akan lebih tinggi dibandingkan dengan rupiah langsung ke VDN. Tidak hanya itu saja, di Vietnam juga jarang yang melayani penukaran mata uang dari rupiah ke VDN.

Kini bukan hal mustahil bagi Anda untuk merasakan liburan ke luar negeri dengan hemat. Dengan menggunakan tips wisata Vietnam backpacker ini Anda tidak hanya hemat budget, namun juga mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan.