Inilah 5 Macam Face Shield Beserta Fungsinya

Saat ini sudah banyak kota yang menerapkan sistem normal yang baru. Maka dari itu, banyak orang yang bekerja di luar ruangan menggunakan pelindung agar terlindungi. Salah satunya face shield yang banyak diburu saat era normal ini. Agar tidak salah guna, berikut akan disajikan berbagai macam face shield beserta fungsinya!

1. Plastic Windows

Jenis pelindung muka ini memiliki warna gelap di bagian depan. Hal ini disesuaikan dengan fungsinya yaitu untuk melindungi wajah dari paparan radiasi cahaya. Bukan tanpa alasan, namun radiasi dari paparan cahaya bisa mengakibatkan kerusakan pada wajah, hingga merembet ke gangguan kesehatan lainnya.

Plastic windows ini juga dilengkapi dengan pelindung kepala berupa helm. Tersedia pelindung telinga juga untuk melindungi telinga dari suara keras seperti dentuman. Biasanya digunakan oleh pekerja proyek yang setiap harinya dikelilingi oleh ketiga gangguan mulai dari cahaya, partikel kecil dan suara keras yang mengganggu telinga.

Desain menarik dari alat pelindung satu ini, karena tersedia filter pada pelindung mukanya. Namun juga ada yang tanpa filter jika menghendakinya. Sudah ada yang termasuk glass insert pada windowsnya.

2. Windows

Memiliki bentuk yang hampir mirip seperti sebelumnya, namun alat pelindung muka satu ini tidak dilengkapi dengan pelindung telinga. Memiliki kaca yang lebih bening, karena fungsinya yang bukan untuk melindungi dari radiasi cahaya. Fungsinya lebih kepada melindungi muka dari partikel kecil yang berbahaya.
Kaca yang bening tersebut juga dapat diangkat serta dapat dilepas jika memungkinkan tidak diperlukan. Dilengkapi dengan helm untuk melindungi kepala dari tertimpanya benda berat. Kaca yang dapat dilepas ini dapat digantikan dengan yang lebih baru jika kaca lama sudah tidak dapat berfungsi secara maksimal.

3. Wire-Screen Windows

Hanya terdiri dari alat pelindung muka, tanpa dilengkapi pelindung kepala dan pelindung telinga. Namun dilengkapi pengait agar bisa disangkutkan hingga kepala bagian belakang. Sehingga tidak akan jatuh atau bergeser saat digunakan. Face shield ini yang kini banyak digunakan karena bentuknya yang simple.
Inilah 5 Macam Face Shield Beserta Fungsinya
Dikatakan simple karena hanya terdiri dari pelindung muka dan pengait kepala. Selain itu, juga mudah dalam proses pembuatannya jika ingin membuatnya sendiri agar lebih hemat. Ada yang tersedia dengan plastic/glass insert pada windowsnya. Kekurangannya tidak bisa digunakan untuk melindungi cairan kimia berbahaya.

4. Adjustable Headgear

Merupakan pelindung wajah yang dilengkapi dengan helm untuk melindungi kepala. Uniknya, pelindung kepala ini dapat disesuaikan dengan ukuran dan bentuk kepala dari si pemakainya. Sehingga tidak perlu khawatir akan bergeser saat digunakan. Desain unik ini memberikan kenyamanan pemakainya saat digunakan.

Pelindung ini biasanya digunakan untuk para pekerja yang memungkinkan adanya pergerakan secara berlebihan. Hal ini disesuaikan dengan fungsi dari pelindung kepala yang tidak akan bergeser saat dipakai. Dapat juga digunakan untuk semua pekerja dan yang bukan pekerja, dalam hal ini yang ingin menggunakannya untuk pelindung muka.

5. Hard Hats With Face Shield

Sesuai namanya, pelindung muka ini dilengkapi dengan helm untuk melindungi kepala dari benturan keras. Sesuai namanya pula, alat pelindung ini lebih mengedepankan fungsi pelindung kepalanya, namun juga memiliki fungsi lain yaitu untuk melindungi muka dari paparan partikel kecil yang berbahaya saat bekerja di luar ruangan.
Inilah 5 Macam Face Shield Beserta Fungsinya
Selain itu, pelindung ini dilengkapi dengan bantalan telinga yang berfungsi untuk melindungi telinga dari suara yang mengganggu saat bekerja. Cocok digunakan untuk pekerja proyek yang banyak menggunakan alat berat saat proses bekerja.

Itulah berbagai macam face shield beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui. Tak semua jenis dapat digunakan untuk semua orang. Tetap disesuaikan dengan fungsinya agar lebih efektif penggunaannya. Selain itu, juga nyaman saat digunakan di luar ruangan.