5 Cara Move On Dari Patah Hati Ketika Gagal Membina Hubungan

Romantisme tidak selalu berakhir bahagia namun juga ada yang harus berpisah. Pengalaman ini akan mempengaruhi kenangan seseorang akan kegagalan cintanya. Ada yang menelan dan sembuh dari rasa sakit tersebut namun ada pula yang terus hidup dalam kesakitan.
patah hati

Semua memang membutuhkan waktu untuk berdamai dengannya, namun jika waktu berjalan begitu saja tanpa usaha yang berarti, rasa sakit itu akan bersamamu selamanya. Berikut lima langkah yang bisa dilakukan agar dapat berdamai dengan kegagalan cinta masa lalu.

1. Mengakui rasa sakit

Langkah pertama, terimalah jika apa yang kamu alami memang menyakitkan. Akui jika kamu memang sedang tidak baik-baik saja karena patah hati memang membuatmu lemah layaknya manusia biasa. Nikmati luka menganga dalam hatimu, kamu tidak bisa menghindari atau mengabaikannya karena akan membekas menjadi luka batin.

2. Luapkan semua emosi negatif

Kemudian keluarkan semua emosi negatif yang kamu rasakan dengan bercerita pada orang terdekat, menuliskan semua perasaanmu sebagai bentuk terapi bahkan menangis sepuasnya jika lebih membuatmu merasa lega. Meluapkan emosi penting namun harus menyalurkannya dengan tepat tanpa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

3. Ubah mindsetmu perlahan


Mengubah mindset perlahan tentang kegagalan cinta adalah langkah yang tepat. Jika awalnya kamu berpikir bahwa menjalin hubungan itu menyebalkan dan membuat sakit hati, hal itu memang benar apabila terjadi saat kamu bersamanya. Lalu cobalah mengubah mindset-mu tentang hubungan yang dijalani dengan orang lain, pasti beda orang juga akan berbeda ceritanya.

Perlu kamu pahami bahwa menggeneralisasikan sesuatu tidak bisa dilakukan begitu saja terhadap apa yang kamu alami. Dengan begitu, kamu akan lebih membuka diri untuk memahami sudut pandang lain bahkan dalam setiap permasalahan lain yang menghampiri.

4. Kegagalan cinta adalah hal di luar kendalimu

Kegagalan cinta merupakan hal di luar kendalimu karena menjalin hubungan dilakukan oleh dua orang. Baik itu pasanganmu yang memiliki prinsip berbeda denganmu, maupun pasanganmu yang memilih berselingkuh, semua itu di luar kendalimu.

Sesuatu yang dalam kendalimu adalah pilihan yang kamu ambil dalam menghadapi patah hati itu sendiri. Apakah tetap dengan bayang-bayang masa lalu atau kamu mau mencoba untuk move on dan fokus pada dirimu kini.

5. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran

Langkah selanjutnya, jadikan masa lalu sebagai pembelajaran bagi kehidupanmu. Katakan pada dirimu bahwa tidak masalah dulu kamu mengalami kegagalan menjalin hubungan bersama dia. Dengan begitu, kamu tau rasanya patah hati dan mensyukuri ketika menemukan sosok yang tepat untukmu.

Tentunya kamu harus mencoba untuk bersyukur diberikan petunjuk jika dia bukan yang terbaik bagimu. Yakinlah kamu yang bertemu dengan beragam kegagalan cinta akan membuat mentalmu lebih kuat menghadapi permasalahan yang serupa bahkan lebih berat. Dengan mengikuti langkah di atas, perlahan tapi pasti kamu akan berdamai dengan kegagalan cinta. Bersiaplah untuk hati yang tenang dan membuka hati yang baru dengan pribadi yang lebih dewasa.